11-23 Maret 2018

Perjalanan kali ini, bersebelas, dengan niat mau belajar backpackingan pada penjelajah femes yang jarang pulang kampung, Rani Aulia. Sebenarnya kalau mau backpackingan dengan group bersebelas (duabelas sama Rani) jadinya ya ngetrip biasa tapi pakai backpack doang! Hahaha..

Karena hanya punya waktu 2 minggu tapi maunya banyak, rute yang kami tempuh ini agak-agak kelamaan di jalan. Itinerary ini tidak disarankan bagi yang gampang bosen di jalan, bagi yang hobi menyerap ambience setempat, dan bagi yang bahunya gampang somplak.

Note:

  • Pemegang paspor Indonesia tidak memerlukan visa untuk berkunjung ke Maroko. Free!
  • Maroko ini negara canggih, jadi gak usah ribet bawa dollar atau Euro ke mari. Cukup siapkan kartu ATM yang ada isinya, yang kosong mah ditinggal saja. Sebab semua ATM berlogo Cirrus dan Master bisa tarik tunai di Maroko, asalkan kartu ATM-nya sudah dilengkapi dengan chip. Biaya admin tarik tunai adalah 25,000 rupiah. Jadi saran saya, untuk ambil duit sekalian saja, dengan estimasi sehari habis 125-150 Dirham untuk makan dan jajan. Di hari terakhir, ambilnya serombongan saja sekalian sampai jumlah penarikan maksimal, baru itung-itungan dan bayar dengan M-banking. Jangan 10 orang ambil masing-masing 300 Dirham, itu sih untung bank-nya dapet 10x biaya admin. Mending 1 orang ambil 3000 Dirham, kena 1 biaya admin.
  • Untuk komunikasi SIM card di area kedatangan airport dibagikan gratis, hanya perlu menunjukkan paspor. Maroc untuk operator dengan jangkauan terluas, dan Orange untuk operator dengan sinyal terkuat dan paket termurah. Bingung kan? Akhirnya kami memutuskan memakai Orange karena ini serombongan orang irit. Dengan 100 Dirham bisa mendapatkan 10 GB, sedangkan 50 Dirham untuk paket internet 5GB. Untuk sosialita sosmed, 10 GB pas untuk narsis 2 mingguan penuh, sedangkan untuk yang cuam ceki-ceki dan whatsapp cukup isi paket 5GB. Saya sok-sokan isi 10 Gb setelah 2 minggu ngider pas check out Maroko sisa paket masih 8 Gb. Siyaa-siyaaaa…
  • Kendaraan sewa dipesenin Rani yang memang 2 hari sebelumnya sudah standby di Maroko sepulang dari kutub utara. Rate-nya berapa sewa kendaraannya? Duh, belum nanya.. :p

Yang ingin kami kunjungi adalah: Marrakech, Rabat (ibu kota Maroko wajib dong yes), Chefchaouen (ini daya tarik mula-mula bikin trip ke Maroko), Fes (pencelupan kulit yang tersohor itu), Ait bin Haddou (kota kuno yang buat shooting fim), gurun Sahara (tentu dong ya.. sudah jauh ke Afrika masa’ tak lihat gurun pasir pun), dan destinasi terakhir yang sangat direkomendasikan Rani untuk ditinggali lebih lama; Essaouira sebuah kota di tepi pantai negeri Maghribi.

the route
Rute memutar start dari Casablanca

Urutan perjalanannya adalah sebagai berikut:

Chefchaouen, adalah kota yang menjadi menarik karena hampir seluruh dinding rumahnya dicat dengan warna biru yang senada.

Fes, adalah kota tua dengan lorong-lorong kecil penuh dengan pedagang dan industri kerajinan. Di kota ini juga terdapat universitas tertua yang masih beroperasi.

Ouarzazate dan Ait bin Haddou, kota di tengah negeri Maroko ini menarik karena terdapat studio film dan kota kuno yaitu Ait bin Haddou yang berdiri di atas bukit

Zagora dan Mt Hamid, adalah kota terdekat dan terakhir sebelum memasuki gurun Erg Chegaga. Ada pilihan untuk memasuki gurun Erg Chebbi, namun Rani lebih merekomendasikan Erg Chegaga karena lebih tidak turistik

Marrakech, adalah kota perdagangan terbesar di Maroko. Siang hari dipenuhi penjual souvenir, sedangkan malam hari akan meriah dengan ratusan stall makanan dan minuman.

Essaouira, adalah kota di tepi pantai barat menghadap Samudra Atlantik.

Rabat, adalah ibu kota pemerintahan Maroko.

<selesai>

Karena rombongan besar, Rani dan kami memutuskan untuk menyewa mobil untuk transportasi dari Casalanca hingga ke Zagora. Sebenarnya ada bus dan kereta, dengan jadwal yang akurat dan nyaman.

Total perjalanan yang kami tempuh sekitar 2300 kilometer, belum termasuk 2 jam perjalanan dari Mt. Hamid ke Erg Chegaga dan sebaliknya. Jelas, itinerary ini hanya cocok bagi petualang berdompet tipis tapi berpantat tebal! Hahahaha

Untuk detail tiap kota, please click the link on each destination!