Fes adalah kota di bagian timur laut Maroko, berjarak 200 kilometer dari Chefchaouen yang kami tempuh dengan waktu 5 jam.

chef - fes.png

Kota ini juga disebut sebagai pusat kebudayaan Maroko, di mana banyak pusat kebudayaan dan pendidikan, termasuk universitas tertua yaitu Al-Qarawiyyin yang hingga kini masih buka dan menyelenggarakan pendidikan.

Souk atau pasar di Fes sangatlah luas, di dalam lorong yang rumit dan sempit. Sehingga kami harus dibantu seorang guide menuju Chouara Tanerry agar tidak tersesat di dalam medina. Tanerry atau penyamakan kulit Chouara ini adalah penyamakan tua yang dibangun pada abad 11 dan masih dipakai hingga saat ini.

Tanerry bisa dilihat dari toko-toko kerajinan kulit yang berada di sekeliling kolam penyamakan. Tanpa guide rasanya agak mustahil bisa menemukan lokasi yang tepat untuk melihat tanerry. Toko tak memaksa kita untuk membeli produk mereka, namun guide akan terus (setengah) memaksa kita untuk berkeliling dari satu toko ke toko lain agar ada satu dua barang yang dibeli.

Karena hari semakin sore, setengah memaksa juga saya meminta untuk mengakhiri tour shopping dan menuju ke Universitas Al-Quwarayyin. Dengan terburu kami berjalan menyusuri lorong toko, itu pun masih diajak mampir ke makam seorang sufi. Di dalam bangunan makam kita akan dipersilakan untuk masuk dan berdoa bersama mereka, lalu orang-orang penjaga makam ini akan meminta derma atas jasa doa mereka. Hahaha..

Sesampai di Masjid Al-Quwarayyin tepat saat adzan maghrib berkumandang, artinya universitas juga sudah tutup. Njir! Tidak boleh memotret di dalam masjid, hanya boleh di bagian halaman dalam saja. Jamaah perempuan diberikan tempat sholat yang jauh dari jamaah laki-laki, terpisah halaman dalam masjid yang luas.

Seharusnya untuk eksplorasi Fes butuh waktu minimal 3 hari. Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dinikmati di kota tua ini. Souk-souk yang riuh dan menjual aneka macam barang, bangunan-bangunan tua, makanan yang enak. Sehari di Fes, malah meninggalkan penasaran dalam hati. Mungkinkah nanti bisa kembali?

(pictures will be uploaded soon)