Percayalah, bahwa kadang-kadang postingan yang tampil di timeline itu tak seindah gambaran kita..

Foto-foto yang tampil indah menawan, kadang aslinya didapatkan dengan perjuangan yang tak mudah. Tak semua destinasi seindah foto di Pinterest atau brosur wisata. Tidak semua bayangan kita menjadi nyata.

Seperti foto Pantai Oia, Santorini, Yunani berikut. Bayangan saya, Santorini bisa dinikmati saat sunset dengan santai minum teh di teras-teras kafe yang menghadap pantai. Duduk cantik pakai dress linen putih melambai ala-ala Mediterania. Apa daya, bulan Mei adalah peak season saat orang colongan start summer holiday. Apa mau dikata, kubah-kubah biru sedang dikelupas untuk dicat ulang.

Dan lihatlah foto aslinya, bijimana mau santai kayak di pantai, kalau mau jalan-jalan mesra berdua gandengan tangan aja gak bisa?! Lorong-lorong sempit naik turun undakan penuh manusia dari segala penjuru dunia. Jangankan pasang tripod, bisa dapat spot untuk berdiri ngadep pantai aja belum tentu bisa!

image1.JPG

Apakah cropping seperti ini termasuk manipulasi? Hihihi..entahlah. Tapi kan gak enak banget masang foto dengan foreground kepala-kepala manusia?

Santorini/Mei-2014/Fujicamera

@candrapic