Bagi pemegang paspor Indonesia, untuk mengunjungi Iran memerlukan visa yang bisa diajukan ke kedutaan sebelum tiba di Iran, atau juga bisa mengajukan Visa on Arrival atau VoA ketika tiba di Iran.

A. Mengurus Visa Iran di Kedutaan Iran, Jakarta

Syarat pengajuan visa:

  1. Paspor asli disertai dengan foto copy-nya
  2. Foto ukuran 3 x 4 cm berwarna dengan background putih 2 lembar. Untuk perempuan wajib mengenakan hijab.
  3. Mengisi form visa secara elektronik di http://www.iranianvisa.com/iran-visa-form.pdf dan dicetak lalu ditandatangani.
  4. Menyertakan bukti pemesanan tiket dan hotel
  5. Menyertakan surat keterangan kerja dan permohonan visa dari perusahaan, dengan kop perusahaan.
  6. Foto copy KTP dan KK
  7. (Update) Per mid-April, pengajuan visa di Iran Embassy juga harus menyertakan nomor referensi, yang bisa diajukan oleh hotel/agen/kolega di Iran kepada Kemenlu Iran.

Jika sudah lengkap semua dokumen yang diperlukan, bawalah semua dokumen ke:

Iran Embassy, Jl HOS Cokroaminoto No. 110 Menteng, Jakarta Pusat.

Kedutaan buka untuk pengajuan visa dari jam 9.00 hingga jan 12.00 WIB. Setelah menyerahkan seluruh dokumen ke loket, berkas kita akan diperiksa beberapa saat, lalu kita akan diminta membayar biaya pengurusan visa ke BRI terdekat. Kebetulan kantor BRI terdekat adalah BRI yang berada di Hotel Ibis. Biaya yang harus dibayar adalah 20 Euro, namun dibayarkan dalam bentuk rupiah. Bukti pembayaran harus kita serahkan lagi ke loket, dan akan ditukar dengan slip pengambilan paspor. Pengurusan visa memerlukan waktu 3-4 hari kerja, namun biasanya 1-2 hari kerja selesai.

Bagi yang tinggalnya jauh dari Jakarta, dokumen dan aplikasi yang telah ditandatangani dapat diserahkan dan diambil oleh orang lain. Mudah kan?

Note: Kedutaan tidak mensyaratkan pembelian asuransi perjalanan.

B. Mengajukan Visa on Arrival

Berhubung pengajuan visa biasa sangat mudah, VoA tidak disarankan kecuali Anda tinggal di luar Indonesia.

VoA bisa diajukan ke konter visa di bandara Imam Khomeini, dengan membayar biaya 45 Euro plus wajib membeli asuransi seharga 20 US$. Biaya VoA untuk tiap asal negara berbeda-beda, pemegang paspor Schengen dikenakan tariff sekitar 80 Euro untuk VoA.

Selain lebih mahal, pengajuan VoA juga mensyaratkan adanya surat rekomendasi yang bisa dibeli dari agen tour di Iran.

Bagi yang bertanya-tanya, apakah visa Iran bentuknya ditempel di paspor seperti visa biasa ataukah di selembar kertas seperti visa Turki, jawabnya adalah visa Iran ditempel di paspor. Beberapa orang khawatir kesulitan mengajukan visa ke US dan sekutunya jika paspornya ditempel visa Iran.

paspor Iran