Kadang, hal-hal sepele yang biasa kamu lakukan di tempat pribadi, menjadi mengganggu jika kamu lakukan di tempat umum. Misalnya tentang hal-hal yang mungkin kamu lakukan saat menonton bioskop, seperti:

Satu

Menumpangkan kaki indahmu, berikut sandal mahal cantikmu yang blink-blink, ke sandaran kepala kursi di depanmu di bioskop, meskipun tidak ada orang yang sedang menduduki kursi itu. Coba bayangkan, kursi-kursi itu kan tidak dibersihkan satu-satu setiap film berakhir. Bagaimana perasaanmu jika menduduki kursi bioskop, lalu tengkukmu terasa ngeres berpasir? Atau tercium bau-bau mirip pot tanaman yang sering ditongkrongi kucing liar komplek rumahmu. Asyik? Happy?

bioskop top.jpg

Dua

Membuka layar ponsel saat film sedang berlangsung. (Note: foto ini saya ambil saat film selesai) Pernah dong, merasa kesal karena meski lampu bioskop sudah dipadamkan tanda film segera dimulai, tapi penonton di depanmu masih asyik mainin ponselnya. Mending kalau sedang ada hal penting, semacam panggilan darurat operasi kepada dokter, atau pesan kepada polisi karena ada aksi terorisme. Ini mah apa! Yang dibuka Path, WA, Line, Facebook, bahkan ada yang hanya membukai pricture profile BBM dan ngepoin status teman-temannya. Yang maksimal, adalah main game!

Kan yang duduk di belakangnya jadi silau, terganggu dengan sinar dari layar ponsel yang terasa makin strong (baca: kuat) dalam kondisi gelap gulita. Meski mata kita melihat ke layar bioskop, tetap saja sinar ponsel itu mengganggu dari sudut mata. Mbok ya kalau sudah tidak menikmati film yang diputar, keluar saja tinggalkan bioskopnya.

Tiga

Jegigisan alias nggruwis dengan suara kencang di dalam bioskop. Eh, roaming ya? Jegigisan atau nggruwis itu semacam becanda sambil tertawa cekakak-cekikik terus menerus. Kalau jegigisan di luar bioskop sih tak masalah, ya. Tapi kalau sudah di dalam ruangan nonton mbok ya diam. Sebelum film diputar itu kan masa aklimatisasi (eciyee aklimatisasi, penyesuaian maksudnya) menuju saat diam dan tenang untuk menikmati film. Rasanya tidak nyaman jika suasana penyesuaian itu diberisiki dengan suara gurauan yang kelewatan.

Oke, kalian nonton beramai-ramai. Tapi kan bukan berarti lantas bioskop itu jadi milik kalian? Kalau mau nobar santai sambil berisik, mending nontonnya di rumah, nonton film download-an. Atau kalau mampu, sewalah satu bioskop untuk dipakai serombongan private. Kelar!

Empat

Nonton sambil nyampah gak aturan. Mungkin dulu,  jaman dulu banget, kita sering melihat orang nonton layar tancap sambil mengunyah kacang rebus atau kwaci, lalu kulitnya dibuang di sela kaki. Dulu, kita juga sering melihat orang naik kendaraan umum sambil ngemil jeruk, pisang rebus atau telur asin lalu kulitnya dijatuhkan ke lantai kendaraan dengan muka tanpa rasa bersalah. Hei! Tapi itu dulu, jaman peradaban belum semaju sekarang. Sekarang itu musimnya membuang sampah di tempat sampah. Jadi kalau jaman sekarang masih ada yang nyampah berantakan di bioskop (ataupun di tempat lain), mungkin belum ikut trend peradaban baru.

Coba bayangkan perasaan mas-mas dan mbak-mbak janitor yang harus membersihkan sampah berantakan setiap kali film usai. Ada saus tomat belepotan, ada coke tumpah di lantai, ada popcorn berserak di kursi, tissue, plastik kemasan, dll.

Apa? Bersih-bersih itu memang tugas para janitor? Jadi situ merasa rugi kalau sudah bayar tiket nonton bioskop tapi nggak mengotori bioskopnya? Duh, sakit dipelihara!

Lima

Nonton sambil goyang-goyang kaki, goyang badan sehingga penonton yang duduk di sebelah-sebelahnya ikut merasakan goyangannya. Nggak asyik banget kan, sepanjang film kita serasa nonton di atas sampan? Jadi, yang punya kebiasaan menggoyang-goyangkan anggota badan saat nonton, coba introspeksi. Sebenarnya kalian ingin nonton atau ingin ajojing sih?

Enam

Nonton sambil ngobrol dan memberi komentar di tiap adegan filmnya. Belum lagi kalau yang ngobrol juga penonton infotainment, yang diomongin pasti akan melebar tak hanya di adegan filmnya saja. Tapi akan merembet ke gossip-gossip pribadi artis dan aktornya. Apalagi jika ternyata yang diomongin jalan cerita film yang sedang diputar, istilahnya spoiler-an. Menceritakan jalan cerita sampai akhir, saat film masih belum sepertiga jalan. Mengganggu banget kan?

***

Kira-kira, itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat menonton bioskop. Karena hal kecil yang bisa dan biasa kita lakukan di rumah, belum tentu asyik kalau dilakukan di tempat umum.

Yuk, jadi penonton bioskop yang beradab!