Dari Udaipur ke Jodhpur yang berjarak 250 kilometer sungguh perjalanan yang tak terlupakan. Kami berangkat saat masih siang, melalui banyak padang terbuka dengan jalanan sepi. Sesekali ada serombongan sapi melintas, dan mobil harus berhenti menunggu. Sesekali kami melihat serombongan onta, gajah, kambing, juga serombongan bebek dengan gembala yang masih mengenakan tutup kepala merah, khas Rajasthan.

Tiba di Jodhpur hari telah malam, namun kami terperangah dengan tempat kami menginap. Sebab bangunan itu demikian asri dan penuh ornamen kuno. Jendelanya dari mozaik warna-warni. Bahkan sprei dan isi kamarnya pun sungguh sayang buat ditiduri (melihat di Booking.com sprei etnik itu sudah tak dipasang lagi euy!). Meski kuno, sanitair yang terpasang di kamar mandi dengan air hangat adalah merk Grohe.

Homestay itu terletak di tengah perkampungan padat tak jauh dari Clock Tower, sehingga mobil van yang kami sewa tidak bisa masuk. Untuk menuju penginapan kami naik bajaj melalui jalanan sempit dan becek. Tak disangka, di tengah padatnya bangunan, terdapat penginapan unik yang menawan.

Penginapan: Juna Mahal Boutique Homestay

Dari atas homestay kita bisa menikmati pemandangan blue city dan Mehrangarh Fort di kejauhan dengan bangunan putih cemerlang Jaswant Thada di depannya. Sambil sarapan omelet dan minum kopi, pemandangan ini menjadi sempurna.

Karena hanya punya waktu sampai siang hari saja, pagi itu kami hanya ke kuil di dekat penginapan dan masuk ke Mehrangarh Fort dari pintu belakang, sehingga gratis! Jangan ditiru, karena ini murni kebetulan diantar tukang bajaj lewat belakang.

Yang bisa dilihat di Jodhpur tapi kami skip karena waktu terbatas adalah:

  1. Jaswant Thada, dibangun tahun 189 untuk mengenang Maharaja Jaswant Singh. Sangat sayang kami tak sempat memasuki bangunan indah ini.
  2. Umaid Bhawan Palace, bangunan megah tempat tinggal orang super kaya yang di dalamnya juga terdapat museum dan hotel eksklusif. Ingin melihat-lihat rumahnya? Ow, tidak bisa!
  3. Clock Tower yang berada di tengah sibuknya kota
  4. Blue city

Kami mengakhiri trip Rajasthan siang hari dan menuju Delhi. Perkiraan dari jarak 600 kilometer harusnya bisa ditempuh dalam waktu 10 jam, ya 12 jam termasuk makan. Namun ternyata perjlanan dari jam 12 siang itu, kami tiba di Delhi jam 3 pagi!

Jangan ditanya bagaimana bosannya kami di mobil, dari tidur bangun tidur dan bangun lagi. Dari kebelet pipis lalu haus dan pingin ngopi. Tapi untunglah kami sampai Delhi dengan selamat! Dan herannya, jam 9 pagi kami sudah ngluyur lagi menyusuri sudut kota Delhi.