6 Sep 2016

Udaipur adalah salah satu kota di Rajasthan, sedangkan ibukota negara bagian ini adalah Jaipur. Namun di Udaipur-lah eksotisme India terasa begitu kental dan nyata. Bangunan-bangunan tua yang indah bertebaran hampir di seluruh penjuru kota. Istana megah Udaipur City Palace yang butuh waktu seharian untuk menikmatinya. Itulah mengapa, orang menyebut Udaipur adalah permatanya India.

Jika kantong anda tebal, mungkin bisa juga ngepoin harga kamar hotel yang berada di tengah-tengah danau Picola, The Lake Palace dengan tarif minimum 1,200$ per malam.

Bisa ditempuh dengan 1,5 jam penerbangan dari Delhi, kota ini bisa juga dikunjungi dengan melalui jalan darat. Udaipur adalah kota ke-3 dalam perjalanan kami setelah Agra dan Jaipur.

Jarak tempuh Jaipur ke Udaipur melalui jalan darat adalah 393 km, yang di Google map bisa ditempuh dalam waktu 5 jam, namun kenyataannya harus kami tempuh 8 jam! Meskipun jalanan di India relatif mulus dan lebar, namun supirnya sering kali ngantuk dan mobil pun berjalan pelahan.

Kami menginap di Jaiwana Haveli, hotel kecil yang berada di tepi danau. Bahkan dari jendela kamar, kami bisa memandang ke arah danau. Hotel yang kami tempati adalah bangunan tua yang direnovasi dan difungsikan sebagai hotel. Meski tak ada lift dan kami harus mengangkut ransel ke kamar, view dari kamar dan dari teras ruang makan sangat menyenangkan hati. Ornamen-ornamen kuno masih dipertahankan, mulai handle pintu, anak kunci, nakas kamar, telepon, dll.

Pagi-pagi di Udaipur kami menyusur jalan ke tepi danau, di mana pagi-pagi banyak ibu-ibu mencuci kain dan baju. Juga ada beberapa orang bersiap buang hajat atau mandi di sisi terpisah. Pemandangan dari gerbang danau demikian indah di pagi hari, dengan ratusan burung beterbangan di antara bangunan. Menyusuri jalanan yang masih sepi kami juga mendapati tukang susu sedang menuang susu pada antrian pembeli.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Udaipur adalah:

  1. Udaipur City Palace, seharian berkeliling istana ini sudah menghabiskan setengah hari. Keindahan arsitektur, ornamen, dan pernak-pernik hiasan di dalamnya membuat kita lupa waktu.
  2. Jag Mandir atau lake Garden Palace, bangunan yang dibangun di atas pulau di tengah danau hingga seakan mengambang. Skip!
  3. Ahar Cenotaphs, adalah kompleks pemakaman istana yang didalamnya terdapat kubur 372 raja dan ratu kerajaan Mewar. Mewar..jadi ingat film Padmavaat, ya? Skip!
  4. Monsson Palace, istana di atas bukit dengan view ke kota. Skip!
  5. Ambrai Ghat, jembatan yang menyeberangi danau. Dari atas jembatan kita bisa menikmati view kedua sisi kota dari tengah danau.

Di Udaipur banyak pengrajin tas, sandal bagus untuk souvenir. Namun karena perjalanan masih panjang, kami menunda untuk memenuhi isi ransel.

img_9630
Birds Feeding – Udaipur City Lake
img_9643
City Lake
img_9689
In Front of Udaipur City Palace